Olimpiade Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia & Pekan Pujangga 2021 Resmi Dibuka


Zoom Meeting, Pers Gramatika-  Olimpiade Pendidikan (Open) Bahasa dan Sastra Indonesia & Pekan Pujangga 2021 Resmi Dibuka dalam ruang zoom virtual. Senin (26/7)

Kegiatan ini adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa program studi (Himaprodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Dewan Mahasiswa (DEMA) Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (JBSI) Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM).

Pelaksana Tugas (PLT) Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, dalam hal ini diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Muh. Jufri resmi membuka kegiatan ini.

Dalam sambutannya, Beliau mengatakan bahwa kegiatan ini memiliki nilai yang besar dalam menjaga Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Pemersatu.

"Olimpiade Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia & Pekan Pujangga 2021 memiliki value atau nilai yang besar dalam menjaga dan membumikan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Nasional atau Bahasa Persatuan," imbuh Beliau.

Open Bahasa dan Sastra Indonesia & Pekan Pujangga 2021 dibuka untuk jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sederajat, dilaksanakan dari tanggal 26 hingga 31 Juli 2021.

Open kali ini mengusung tema "Urgensi Bahasa dan Sastra Indonesia sebagai Pengukuh Identitas Kebangsaan dan Kemerdekaan Belajar".

Dalam sambutannya, Rehan Adi Anggara, selaku Ketua Umum Himaprodi PBSI menjelaskan maksud dari tema yang diusung.

"Maksud dari tema yang diusung yaitu, Bahasa dan Sastra merupakan jati diri kebangsaan kita yang harus menjadi fokus perhatian di setiap detik reformasi pendidikan. Kemudian bagaimana kita memaknai arti merdeka belajar dengan dengan seksama bukan hanya sekedar mengaungkan tapi mesti direalisasikan sesuai dengan tupoksinya, serta bagaimana Bahasa Indonesia mengambil peran didalamnya," jelas Mahasiswa angkatan 2018 ini.

Terdapat enam bidang lomba yaitu, puisi, debat, mendongeng, pidato, akustik, karya tulis ilmiah (KTI), dan pada hari terakhir terdapat Seminar Pendidikan Nasional.

Adanya pandemi Covid-19 tidak menjadi masalah atau hambatan bagi panitia pelaksana untuk tetap melaksanakan kegiatan tahunan ini, dan itu perlu diapresiasi, hal itu diungkapkan oleh Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNM dalam ruang zoom.

"Secara Pribadi dan sebagai wakil rektor III memberikan apresiasi yang tinggi dan juga terima kasih kepada adik-adik yang  melaksanakan kegiatan seperti. Pandemi Covid-19 ini rupanya tidak menjadi masalah bagi adik-adik untuk melaksanakan kegiatan ini yang membuat UNM sebagai perguruan tinggi unggulan. Maka dari sebagai pimpinan, birokrat, harus mendukung kegiatan ini," ungkap Alumni UNM ini.

Sementara itu, Wakil Dekan III FBS, Dr. Azis, S.Pd., M.Pd. dalam sambutannya mengungkapkan harapannya.

"Diharapkan seluruh fungsioner  pendidikan bahasa dan sastra Indonesia agar selalu berfikir positif, kreatif, inovatif, melakukan hal-hal yang terbaik demi penyebaran ilmu pengetahuan," imbuh Beliau.

Ketua Panitia, Farid Imawan mewakili seluruh panitia mengungkapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya terhadap ragam stack holder hingga pemerintah Sulsel.

"Mewakili Panitia, saya ingin menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas seluruh bantuan dari ragam stack holder hingga pemerintah Sulsel yang ikut melancarkan kegiatan ini," ungkap Mahasiswa asal Maros ini.


Reporter: Ulil Amri